Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Postur Tubuh Berkendara Sepeda Motor Berboncengan
Oleh:
Fitra
;
Dharma, I Gusti Bagus Budi
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014
,
page 1: 99-102.
Topik:
Centre of Gravity
;
posisi duduk
;
keseimbangan
;
kenyamanan
Fulltext:
17. bksti7-122 (Fitra, I.G.B. Budi Dharma) 99-102.pdf
(447.33KB)
Isi artikel
Berat badan dan posisi duduk penumpang akan merubah kemampuan sepeda motor dan kemampuan pengendara dalam menjaga keseimbangan sepeda motor saat berbelok, meningkatkan kecepatan ataupun menurunkan kecepatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan titik Center of Gravity (CoG) untuk mempertahankan titik keseimbangan dan tingkat kenyamanan pengendara dan penumpang ketika berkendara berboncengan dengan penumpang duduk menyamping dan penumpang duduk mengahadap ke depan dengan menggunakan kuesioner persepsi pengendara dan penumpang serta metode segmentasi. Posisi duduk penumpang yang nyaman bagi pengendara maupun penumpang sendiri adalah duduk menghadap ke depan dari hasil analisis 90 kuesioner sebagai pengendara dan 90 kuesioner sebagai penumpang. Ada 9 pertanyaan untuk pengendara dan 5 pertanyaan untuk penumpang yang tidak valid karena tidak memiliki koefisien korelasi (r hitung) lebih besar dari r tabel yaitu 0,2072 dan 20 pertanyaan dari kuesioner cukup reliabel untuk pengendara dengan nilai alpha 0,481 dan reliabel untuk penumpang dengan nilai alpha 0,736. Persentase pergeseran titik CoG yang tejadi akibat perubahan posisi duduk penumpang dari menghadap ke depan menjadi duduk menyamping adalah 0,17% untuk titik koordinat X, 0,17% untuk titik koordinat Y dan 0,033% untuk titik koordinat Z dari 18 responden yang telah di analisis dengan software desain grafis
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)