Anda belum login :: 24 Nov 2024 14:27 WIB
Detail
ArtikelPengetahuan Mengenai Disiplin Kelas pada Guru-Guru SD X  
Oleh: DERMAWAN, SELLA ; Pandia, Weny Savitry S.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 26 no. 2 (Apr. 2014), page 125-143.
Topik: disiplin kelas; pengetahuan guru; kekerasan yang dilakukan guru; JABFUNG-FP-WS-Y2017
Fulltext: WD_26-02-2014_Dermawan_Pandia.pdf (2.75MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan guru-guru SD X mengenai disiplin kelas. Pengetahuan adalah tahap awal di mana seseorang dapat menyebutkan, mengingat dan mengidentifikasi suatu informasi, sedangkan disiplin kelas adalah metode guru dalam mengatasi masalah perilaku murid di kelas dan mendorong murid untuk berperilaku sesuai. Seharusnya disiplin kelas dilakukan tanpa kekerasan. Pengetahuan guru mengenai disiplin kelas dilihat berdasarkan dimensi preventif, aksi, dan resolusi. Penelitian dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada 17 guru, FGD kepada 8 murid kelas 4-5 SD, dan wawancara kepada kepala sekolah dan 4 orang guru. Pengetahuan guru SD X mengenai disiplin kelas berada pada kategori sedang (53%), rendah (29%), dan tinggi (18%). Yang belum diketahui guru adalah cara membuat dan mengubah peraturan, mengatasi perasaan negatif saat mengajar dan perdebatan di kelas, serta melakukan follow up.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)