Suatu produk yang dipasarkan membutuhkan periklanan disamping kualitas tetap terjamin. Periklanan sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat yang dapat membantu keberhasilan pemasaran produk. Agar kegiatan periklanan berhasil dengan baik hendaknya disusun suatu strategi periklanan yang meliputi penetapan tujuan periklanan, sifat periklanan, frekuensi periklanan, anggaran periklanan serta menetapkan metode untuk mengukur efisiensi & efektifitas periklanan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Melihat pentingnya iklan-bagi suatu produk yang dipasarkan, maka penulis terangsang untuk meneliti tentang hal tersebut pada PT Johnson & Johnson Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini: a. Riset lapangan, melalui kunjungan ke PT Johnson & Johnson Indonesia. b. Riset kepustakaan, dimaksudkan untuk memperoleh landasan teoritis tentang masalah yang sedang diteliti. PT Johnson & Johnson Indonesia, dalam usaha untuk meningkatkan penjualan produknya, disamping terus berusaha meningkatkan mutu/kualitas produknya perlu juga diadakan strategi periklanan yang bertujuan untuk memberikan penerangan dan meyakinkan konsumen tentang produk yang diluncurkan baik dari segi shnis maupun ekonomis. Dengan menggunakan beberapa media dan menyampaikan pesan yang jelas dan bersifat nasional, sehingga dapat dimengerti oleh masyarakat konsumen sasarannya. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan frekuensi iklan serta anggaran yang dibutuhkan dan akhirnya perusahaan perlu mengukur efisiensi & efektifitas dari kegiatan periklanan baik ecara kualitatif maupun kuantitatif terhadap tujuan perusahaan alam usaha meningkatkan penjualan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan adalah dalam usaha untuk merealisasi tujuan perusahaan juga meningkatkan penjualan, ada keterkaitan yang erat antara produk dengan iklan, artinya suatu suatu strategi iklan yang dirancang dengan baik akan berhasil bila didukung dengan mutu produk yang baik, demikian pula sebaliknya. Karena itu perusahaan hendaknya senantiasa berusaha untuk meningkatkan mutu kualitas produknya dan selanjutnya didukung dengan menyusun rancangan periklanan yang tepat, sehingga mencerminkan dampak yang positif terhadap keberhasilan kegiatan pemasaran perusahaan, khususnya dalam merealisasikan tujuan perusahaan untuk meningkatkan penjualan. |