Anda belum login :: 26 Nov 2024 17:56 WIB
Detail
ArtikelOnline Tutorial for ODL Students: Sharing Experience from Philosophy of Science Course Offered at Department of Education - Universitas Terbuka  
Oleh: Andriani, Durri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh vol. 14 no. 1 (Mar. 2013), page 13-23.
Topik: Bantuan Belajar Mahasiswa; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Filsafat Ilmu; Tutotial Online; Universitas Terbuka
Fulltext: 02 PTJJ 14(1) 2013 Online Tutorial for ODL (Durri) 13-23.pdf (522.2KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ143.3
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTutorial online (tuton) pada pendidikan jarak jauh seharusnya memungkinkan proses belajar yang asinkronus. Saat ini, sekitar 60% dari seluruh mata kuliah yang ditawarkan di Universitas Terbuka sudah dilengkapi dengan tuton. Tingkat partisipasi pada tuton, yang dicerminkan dari paling tidak ada satu mahasiswa yang registrasi pada tuton mata kuliah tersebut, mencapai 98%. Meskipun demikian, tingginya prosentase ini tidak otomatis mencerminkan tingginya tingkat partisipasi mahasiswa pada aktivitas tuton di mata kuliah. Agar dapat berpartisipasi dalam tuton, mahasiswa disyaratkan untuk melakukan registrasi mata kuliah dan mengaktifkan fasilitas tuton. Dalam artikel ini, dilaporkan hasil analisis terhadap aktivitas mahasiswa pada dua kelas tuton (kelas A dan kelas B) untuk mata kuliah Filsafat Ilmu yang ditawarkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada semester pertama tahun 2012. Data memperlihatkan bahwa seluruh mahasiswa sudah mengaktifkan tuton tetapi hanya 50% -80% mahasiswa yang aktif dalam tuton. Sementara itu, hanya 60%-75% mahasiswa yang paling tidak pernah satu kali login pada tuton, 30%-48% aktif berdiskusi, dan 20%-72% mengirimkan tugas. Data ini menunjukkan bahwa mahasiswa belum sepenuhnya memanfaatkan tuton. Wawancara dengan peserta tuton memperlihatkan bahwa kesulitan pada koneksi internet dan ketidakbiasaan terhadap sistem yang digunakan merupakan dua kendala utama bagi peserta untuk aktif dalam tuton.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)