Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:35 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Model Polya Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika di SD N Mangunrejo Tempel, Sleman, Yogyakarta
Oleh:
Anugraheni, Indri
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 11 no. 1 (May 2013)
,
page 62-82.
Topik:
Pemecahan Masalah Model Polya
;
Aktivitas
;
Prestasi Belajar
Fulltext:
Indri Anugraheni_Ros.pdf
(125.0KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa SD pada tema pokok keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat prestasi belajar matematika siswa SD dan variabel bebasnya adalah pendekatan pemecahan masalah model Polya dan pendekatan konvensional. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian sebanyak 71 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada taraf siginifkansi 5% (a = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematiak siswa SD. Analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan aktivitas yang dilakukan oleh kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya sedangkan kelompok kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Saran kepada para guru SD agar pembelajaran matematika juga menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya karena dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)