Anda belum login :: 26 Nov 2024 09:55 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di SD Karakter Cimanggis  
Oleh: Astivan, Dwi Anggraini
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 11 no. 1 (May 2013), page 44-61.
Topik: Pendidikan Holistik Berbasis Karakter; Pembelajaran Tematik
Fulltext: Dwi Anggraini_Ros.pdf (65.46KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan holistik berbasis karakter di Sekolah Dasar Karakter. Objek penelitian adalah proses pendidikan di SD Karakter yang melibatkan komponen pendidikan dan kegiatan pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012 sampai Februari 2013 dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Komponen pendidikan di Sekolah Dasar Karakter telah bersinergi dengan baik dalam menciptakan proses pendidikan. Kegiatan pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan teori pendidikan holistik berbasis karakter. Kegiatan tersebut adalah (1) kegiatan intrakulikuler yang terdiri dari pembelajaran pilar karakter, pembelajaran tematik; (2) kegiatan korikuler yang terdiri dari sentra, field trip, life activity dan berbagai kegiatan tahunan sekolah; (3) kegiatan ektrakulikuler terdiri dari 13 klub; serta (4) kegiatan coparanting yang terdiri dari pertemuan orangtua di awal tahun ajaran, pemantauan, konsultasi berkala dan komite sekolah. Saran kepada sekolah adalah memberikan kesempatan yang lebih besar bagi peserta didik yang ingin mengenyam pendidikan holistik berbasis karakter dengan menyediakan dan menambah kapasitas pendidik dan penerimaan peserta didik sehingga akan lebih banyak peserta didik yang memiliki keutuhan perkembangan aspek potensi dan berkarakter baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)