Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:25 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Minat: Keaktifan, dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPA (Fisika) SD Melalui Pembelajaran dengan Metode Penemuan  
Oleh: Atmadi, Aufridus ; Andriana, Elga
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 24 no. 02 (Apr. 2013), page 138-151.
Topik: Inkuiri IPA; Metode Pembelajaran IPA Penemuan; Minat; Keaktifan; Prestasi Kognitif Produk; Prestasi Kognitif Proses
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran penemuan dapat meningkatkan minat, keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Sampel diambil siswa kelas IV, V atau VI di 10 Sekolah Dasar di DIY. Pada masing-masing Sekolah Dasar diambil dua kelas paralel, satu kelas kontrol. Sebelum pembelajaran, siswa pada kedua kelas diminta mengerjakan Pre Test (baik aspek kognitif produk maupun aspek kognitif proses). Kemudian pada pertemuan berikutnya siswa mengikuti pembelajaran untuk kelas eksperimen dengan metode penemuan dan untuk kelas kontrol denganmetode tradisional sebagaimana biasa digunakan oleh guru. Selama proses pembelajaran, dilakukan pengamatan terhadap keaktifan siswa. Di akhir pertemuan, siswa diminta mengerjakan Post Test, baik aspek kognitif produk maupun aspek kognitif proses, dan mengisi kuesioner minat. Peningkatan minat, keaktifan, dan prestasi belajar IPA siswa kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Signifikansi peningkatan minat, keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa tersebut dianalisis secara statistik dengan uji beda (uji-t). hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran penemuan dapat meningkatkan minat, keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa SD.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)