Setiap produk yang dipasarkan, tidak dapat terjual dengan sendirinya tanpa dikomunikasikan terlebih dahulu kepada konsumen. Sebab itu setiap produk yang dipasarkan sangat memerlukan sarana yang baik untuk komunikasi tersebut. Periklanan merupakan suatu sarana komunikasi yang baik kepada masyarakat, yang dapat membantu keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan dalam pemasaran produk-produknya. Agar pelaksanaan kegiatan periklanan berhasil dengan baik, perlu disusun suatu strategi periklanan yang meliputi penetapan tujuan, anggaran periklanan, frekuensi periklanan serta metode untuk mengukur efisiensi dan efektifitas periklanan dalam mencapai tujuan perusahaan. Melihat pentingnya periklanan bagi suatu produk, maka penulis mencoba menganalisa masalah-masalah periklanan pada PT PANTJA NIAGA. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah: a. Riset Lapangan, dengan melakukan tinjauan langsung pada PT PANTJA NIAGA. b. Riset Kepustakaan, yang dimaksudkan untuk memperoleh landasan teoritis mengenai masalah yang sedang diteliti. PT PANTJA NIAGA sebagai agen tunggal produk jam tangan Omega, menangani pemasaran dan servis purna jual untuk seluruh Indonesia. Didalam keadaan seperti sekarang ini dimana tingkat penjualan dan market share perusahaan yang terus menurun, perusahaan berusaha untuk meningkatkan kembali penjualan serta market sharenya melalui kegiatan-kegiatan promosi. Dalam hal ini periklanan merupakan unsure promosi yang sangat diutamakan untuk terus menerus membujuk dan meyakinkan konsumen tentang produk tersebut. Dimana pesan yang disampaikan tersebut bersifat emosional. Dari hasil penelitian dan analisa yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada keterkaitan yang erat antara periklanan dan penjualan. Artinya strategi periklanan yang dirancang dengan baik akan sangat mendukung peningkatan penjualan. Jadi, hendaknya perusahaan terus berusaha memperbaiki strategi periklanannya didalam menunjang pelaksanaan strategi-strategi pemasaran lainnya, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap keberhasilan pemasaran perusahaan. |