Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:34 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Pengaruh Eco-Label terhadap Kesadaran Konsumen untuk Membeli Green Product  
Oleh: Indriani, Dyah Rusty ; Muslim, Erlinda
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Manajemen Teknologi vol. 13 no. 1 (2014)
Topik: Eco-Label; Green Product; Konsumen; Purchase Intention; Structural Equation Modeling
Fulltext: 952-2006-1-PB.pdf (806.08KB)
Isi artikelPandangan manusia telah bergeser seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, sehingga menimbulkan tuntutan bagi pelaku bisnis untuk memberikan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan lingkungan melalui pengembangan green product. Eco-label sebagai jaminan mutu green product merupakan isu di dunia bisnis dan perdagangan global saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui pengaruh eco-label terhadap kesadaran konsumen untuk membeli green product. SEM adalah teknik analisis multivariat yang digunakan untuk membangun hubungan antara variabel terukur dan konstruk latennya. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah eco-label awareness, attitude towards the environment, belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, eco-label availability, attention towards eco-label, dan purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, dan attention towards eco-label memiliki pengaruh langsung terhadap purchase intention, sementara variabel eco-label awareness dan eco-label availability hanya menunjukkan pengaruh tidak langsung terhadap purchase intention.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)