Anda belum login :: 24 Nov 2024 22:29 WIB
Detail
BukuAnalisa Efektivitas Strategi Promosi terhadap Tingkat Penjualan Syrup Marjan
Bibliografi
Author: Wihardji, Tony Sandi ; Widjaja, Hendra (Advisor)
Topik: MARKETING; Syrup Marjan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1991    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Tony Sandi Wihardji's Undergraduate Theses.pdf (2.87MB; 4 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-1282
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Sejalan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tehnologi, maka persaingan antara perusahaan yang bergerak dalam dunia bisnis dan industri khususnya industri syrup akhir-akhir ini dirasakan semakin ketat dan sulit. Sehingga peranan aktivitas pemasaran dirasakan memiliki arti yang sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Berdasarkan alasan-alasan tersebut, maka penulis tertarik untuk menganalisa masalah-masalah pemasaran yang telah dijalankan PT. Suba Indah sebagai perusahaan industri makanan dan minuman terletak di Jl. Raya Bogor Km 31, Cimanggis. Untuk memperoleh data serta keterangan-keterangan yang dibutuhkan, penulis telah melakukan beberapa penelitian baik penelitian di lapangan dengan mendatangi langsung ke PT. Suba Indah maupun penelitian di Perpustakaan. PT. Suba Indah saat ini dipimpin oleh seorang General Manager yang membawahi 4 kepala bagian yaitu : Ka.Bag. Produksi, Ka.Bag. Pemasaran, Ka.Bag. Keuangan dan Administrasi dan Ka.Bag. Personalia & Umum. Posisi perusahaan di pasar adalah sebagai market leader dalam memasarkan hasil produksinya yaitu syrup Marjan Boudoin, dimana perusahaan berada dalam lingkungan struktur pasar oligopoli. Sebagai market leader perusahaan berusaha untuk mempertahankan serta terus berupaya untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut PT. Suba Indah menerapkan strategi kubu benteng dengan melaksanakan promosi niaga. Dalam melaksanakan strategi promosi khususnya sarana promosi niaga, terlihat bahwa sarana promosi niaga yang dipergunakan PT. Suba Indah lebih ditujukan kepada para distributor yaitu melalui strategi dorong (push strategy), sehingga dengan demikian strategi dorong ini diharapkan dapat menumbuhkan loyalitas distributor dalam memasarkan syrup Marjan yang mana pada gilirannya pangsa pasar perusahaan dapat dipertahankan serta dapat menutup kemungkinan peluang pesaingnya yaitu PT. Sanghiang Perkasa mendapat tempat pada saluran distribusi. Dari hasil analisa elastisitas menunjukan adanya hubungan yang kuat antara biaya promosi niaga yang telah dikeluarkan perusahaan dengan tingkat penjualan yang dicapai dimana e > 1, artinya penerapan promosi niaga yang telah dilaksanakan perusahaan relatif cukup berhasil mencapai sasarannya yaitu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar yang dominan dan menutup peluang pesaingnya yaitu PT. Sanghiang Perkasa mendapat tempat pada saluran distribusi. Dari hasil analisa diatas penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan promosi niaga yang dilakukan perusahaan cukup berhasil mencapai sasarannya yaitu mempertahankan posisinya sebagai market leader, namun perusahaan masih harus terus memperbaiki dan meningkatkan pengawasannya terhadap para distributor yang kurang loyal kepada perusahaan, melalui sangsi-sangsi yang lebih dipertegas dan pemilihan distributor yang lebih selektif serta memberikan loyalty bonus kepada distributor yang dianggap telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan perusahaan. Dalam pengalokasian dana promosi dimasa yang akan datang sebaiknya aktivitas promosi yang dijalankan perusahaan lebih memberi dan membangun image konsumen dengan menerapkan strategi tarik (Pull Strategy) melalui iklan dan promosi konsumen yang lebih gencar, sehingga dengan demikian apabila strategi ini efektif dan cukup menarik maka akan dapat menimbulkan permintaan terhadap produk yang ditawarkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)