Untuk dapat dijangkau oleh masyarakat luas, diseluruh pelosok daerah, suatu produk membutuhkan sarana. Dalam hal ini cara yang lazim dipakai adalah distribusi. Distribusi adalah sarana penunjang penting yang dapat membantu keberhasilan peningkatan pemasaran suatu produk. Melihat arti pentingnya distribusi bagi suatu produk yang dipasarkan, maka penulis berminat untuk melakukan penelitian kegiatan distribusi yang dilakukan oleh PT Tempo sebagai distributor farmasi dari PT IPI dan PT Scanchemle. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah: a. Penelitian Lapangan, berupa kunjungan ke PT Tempo. b. Penelitian Kepustakaan, yang dimaksudkan untuk memperoleh landasan teori bagi masalah yang sedang diteliti. Dalam usaha meningkatkan penjualan produknya, PT Tempo berusaha terus untuk meningkatkan mutu produk dan strategi distribusi yang telah dilakukan. Keaimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan adalah adanya hubungan yang cukup erat antara anggaran distribusi yang dikeluarkan dengan peningkatan volume penjualan perusahaan. Untuk menghadapi persaingan yang semakin tajam, maka perusahaan perlu menambah anggaran distribusi, serta kebijakeanaan distribusi yang terpadu, sehingga anggaran distribusi yang tersedia dapat digunakan secara efektif dan efisien. |