PT Betindo Karya Super adalah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan genteng beton. Dalam menghadapi banyaknya pesaing yang menghasilkan produk yang sama, maka perusahaan berusaha melakukan pemasaran yang terarah agar efektif dalam mencapai pasar sasaran. Dengan mengetahui segmen pasar mana yang potensial, perusahaan dapat menetapkan pasar sasarannya, sehingga dapat mengefisienkan biaya dan proses pemasarannya. Konsep ini disebut pemasaran sasaran, yang terdiri dari segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran, dan penetapan posisi pasar, serta kemudian dilanjutkan pelaksanaan pemasarannya melalui strategi bauran pemasaran. Dengan menampilkan produk, harga, cara distribusi, dan promosi, maka perusahaan dapat mengkomunikasikan citra yang ingin ditempatkan dalam pikiran konsumen. Mengingat begitu luas dan beragamnya pasar yang ada, maka sistem pemasaran berperan penting bagi perusahaan untuk menyediakan produk dan berusaha mempertahankan pangsa pasar yang telah dikuasai. Dalam memilih pasar sasaran yang ingin dicapai, perusahaan tentunya periu melakukan pertimbangan pemasaran yang berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pasar tersebut, sehingga tujuan dari pelaksanaan segala jenis kegiatan pemasaran adalah untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Agar produk P.T. Betindo Karya Super dapat diterima oleh masyarakat luas dan bersaing dengan perusahaan lain, maka P.T. Betindo Karya Super periu melaksanakan kegiatan bauran pemasarannya secara tepat dan teratur, dengan selalu berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar sasaran. |