Dalam rangka memperkenalkan dan memasarkan produk yang dihasilkan oleh PT Nestle Indonesia. Perusahaan menggunakan sarana promosi sebagai sarana pemasarannya. Alasan dan tujuan yang dipergunakan oleh perusahaan, yaitu sejauh mana peranan promosi dalam meningkatkan volume penjualan. Promosi merupakan suatu variabel dari pemasaran dan dengan promosi perusahaan mempunyai kesempatan untuk berkomunikasi dengan konsumen dan dapat menginformasikan produk yang ditawarkan, sehingga dapat menatik konsumen untuk membeli. Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan adalah periklanan dan promosi penjualan. Strategi promosi ini dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar. Dengan menentukan media periklanan yang baik merupakan hal yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan sehingga dapat mengena pada target konsumen yang diinginkan. Untuk mengukur seberapa besar strategi promosi terhadap penjualan merupakan suatu hal yang sangat sulit. Karena naik turunnya volume penjualan tidak saja tergantung dari promosi, tetapi keadaan ekonomi, peraturan pemerintah, pendapatan masyarakat, selera konsumen, dll juga dapat berpengaruh terhadap naik turunnya volume penjualan. Dengan melihat presentasi perubahan dari hasil penjualan dan presentasi perubahan biaya promosi, maka dapat diukur besar kecilnya peranan promosi terhadap peningkatan hasil penjualan. Kesimpulan untuk meningkatkan pemasaran produknya, perusahaan harus membuat produk-produk yang bermutu, menetapkan harga yang dapat dijangkau oleh segala lapisan masyarakat, dan juga adanya hubungan yang kuat antara kegiatan promosi dengan hasil penjualan. Artinya, kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap naik turunnya volume penjualan perusahaan. |