Dasar pembahasan skripsi ini adalah manajemen pemasaran dengan konsentrasi pada variabel promosi. Promosi merupakan unsur yang memegang peranan penting dalam memasarkan produk-produk dalam perekonomian. Dikatakan penting karena setiap barang yang akan dipasarkan tidak mungkin dikenal oleh masyarakat apabila tidak ada usaha untuk memperkenalkannya. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana salah satu aspek teori pemasaran dipraktekkan dalam suatu perusahaan. Penulisan skripsi ini ditunjang dengan penelitian pada PT DUTA PUTRA MAHKOTA, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perumahan. Metode yang digunakan oleh penulis adalah penelitian perpustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian perpustakaan diperoleh dari buku-buku dan majalah yang ada di perpustakaan. Sedangkan penelitian lapangan diperoleh dari basil observasi dan wawancara dengan pihak perusahaan. Untuk analisa kuantitatif, penulis menggunakan analisa korelasi, yaitu perhitungan statistik untuk menyatakan hubungan linier antara variabel biaya promosi dan variabel hasil penjualan. Dari perhitungan tersebut, penulis mendapatkan hasil sebesar 97,29 %. Hal ini menggambarkan kuatnya pengaruh biaya promosi pada hasil penjualan. Ini berarti bahwa kenaikan atau penurunan pada biaya promosi memiliki kekuatan sebesar 97,29 % dalam menyebabkan kenaikan atau penurunan pada hasil penjualan. Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil penelitian adalah hubungan kuat dan bersifat positif antara biaya promosi dengan hasil penjualan. Selanjutnya, untuk meningkatkan hasil penjualan, penulis menyarankan untuk meningkatkan kegiatan promosi dan memvariasikan media promosi yang dipakai. Selain itu, penulis juga menyarankan adanya peningkatan pada 'after sales service' dan meningkatkan komisi kepada pelaku penjualan perorangan. |