Saat ini Perusahaan tidak hanya diluntut untuk menjual produk dan mutu yang baik, harga yang bersaing serta terjangkau oleh konsumen Perusahaan juga dituntut untuk mengadakan komunikasi dengan konsumennya Salah satu sarana komunikasi tersebut adalah penjualan perseorangan. Strategi penjualan perseorangan sangat diperlukan terutama untuk memberikan informasi tentang spesifikasi produk perusahaan serta mengetahui kebutuhan dari para pelanggan. Sejak perusahaan didirikan sampai saat ini, strategi penjualan perseorangan memegang peranan penting dalam strategi pemasaran Perusahaan. Dengan melihat keadaan tersebut maka penulis menyusun skripsi yang bertujuan menganalisa strategi manajemen penjualan pada PT Indographica Ekakarsa. Dari hasil penelitian dan analisa yang dilakukan terlihat bahwa penjualan dan biaya personal selling Perusahaan terus meningkat dari tahun ketahun. Dan juga dengan adanya penambahan tenaga penjual mengakibatkan laba bersih meningkat Dalam hal ini penjualan perseorangan memegang peranan yang sangat penting dalam tercapainya tujuan Perusahaan. Hal ini terbukti dari adanya keterkaitan yang erat antara penjualan perseorangan dengan tingkat penjualan Perusahaan yang mengakibatkan peningkatan laba bersih. Artinya strategi dan besarnya anggaran biaya penjualan perseorangan yang dirancang dengan baik akan sangat mendukung peningkatan penjualan. Jadi hendaknya Perusahaan terus berusaha memperbaiki strategi penjualannya didalam menunjang pelaksanaan strategi-strategi pemasaran lainnya, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap keberhasilan pemasaran Perusahaan. |