PT Prima Adimulia Sejati adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri farmasi, yang memproduksi obat-obatan untuk kesehatan manusia, termasuk antibiotika. Dalam kesempatan ini, penulis hanya mengambil satu merek antibiotika yaitu Primoxil. Penulis tertarik pada bidang ini karena ingin mengetahui seberapa jauh peranan distribusi yang dipakai perusahaan dalam meningkatkan penjualan Promoxil, sebagai produk andalan dari PT Prima. Penulis mengadakan kunjungan secara langsung ke PT Prima untuk memperoleh data primer sehingga mendapatkan gambaran yang tepat mengenai obyek yang ditehti. Disamping itu penulis juga mengumpulkan data sekunder dengan cara mempelajari buku-buku, bahan kuliah, dan sumber yang lainnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bentuk saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi dua tingkat, yaitu PBF, dan apotik atau took obat atau farmasi. Strategi distribusi yang digunakan adalah distribusi selektif. PBF yang ditunjuk oleh PT Prima adalah PT Gading Laksana Utama yang memiliki beberapa kantor cabang (sub distributor) diberbagai kota di Indonesia. Untuk membuktikan keeratan hubungan antara biaya distribusi terhadap volume penjualan, penulis menggunakan perhitungan dengan analisa korelasi, hasil tersebut menunjukkan hubungan yang positif. Dan hasil regresi dapat digunakan untuk meramalkan peningkatan hasil penjualan ditahun mendatang. |