P.T. Grafik McCann-Erickson merupakan perusahaan jasa periklanan yang mempunyai peningkatan pendapatan sebesar 45 % dari tahun 1990 sampai 1996. Strategi Pemasaran P.T. Grafik McCann-Erickson dibentuk oleh variabel-variabel bauran pemasaran, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Pada strategi produk, P.T, Grafik McCann-Erickson menerapkan pada perusahaan kliennya sesuai dengan Product life cycle (Daur hidup produk) dari produk klien tersebut. Tahap-tahap tersebut adalah Introduction (Perkenalan), Growth (Pertumbuhan), Maturity (Kedewasaan) dan Declming (Penurunan) dimana dengan mengetahui tahap-tahap tersebut perusahaan dapat menentukan strategi apa yang sesuai atau tepat untuk digunakan agar meningkatkan penjualan perusahaan klien perusahaan. Pada strategi harga P.T. Grafik McCann Erickson menggunakan Cost Oriented Pricing (Orientasi pada biaya). Metode penetapan harga yang dipakai dalam orientasi ini adalah Markup Pricing. Pada strategi penempatan, P.T. Grafik McCann-Enckson memperhatikan consumen awareness. Pada strategi promosi, P.T. Grafik McCann-Erickson untuk mendapatkan klien menggunakan strategi komunikasi, strategi penjualan dan startegi media. Dari analisis regresi diperoleh hasil Y = -5,84 + 1,2 X, berarti setia satuan akan meningkatkan volume penjualan sebesar 1,2 satuan. Dari analisis korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,91. Berarti terdapat hubungan yang kuat dan positif antara biaya strategi pemasaran dengan volume penjualan. Sedangkan dari koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,8281; hal ini berarti hubungan strategi pemasaran terhadap naik turunnya hasil penjualan adalah sebesar 82,81 %, sedangkan sisanya yang berjumlah 17,19 % disebabkan oleh faktor lain. |