Anda belum login :: 17 Feb 2025 12:47 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Strategi Pronmosi Produk Stationery yang Diterapkan oleh PT Adinata Melodi Kreasi
Bibliografi
Author:
Suseno, Sriyanti Diro
;
Udaya, Yusuf
(Advisor)
Topik:
Pemasaran
;
Perilaku Konsumen dan Strategi Promosi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1998
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Sriyanti Diro Suseno's Undergraduate Theses.pdf
(2.12MB;
4 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEM-2975
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Dewasa ini industri produk stationery berupa alat tulis dan tas sekolah yang memakai tokoh-tokoh kartun berkembang dengan pesatnya. Mulai dari Snoopy, Walt Disney sampai dengan Ksatria Baja Hitara, Power Rangers dan lain sebagainya. Maraknya perusahaan-perusahaan pemegang lisensi produk terkenal dari luar negeri di Indonesia (franchise), termasuk industri stationery ini membuat perusahaan berlomba-lomba untuk memasarkan produknya. Sebenarnya setiap perusahaan baik sadar maupun tidak sadar, tidak terlepas dari pemahamannya akan masalah pemasaran. Demikian halnya dengan PT. AMK yang juga bergerak dalam industri stationery ini. Strategi pemasaran ini menyangkut produk, saluran distribusi, harga dan promosi. Perusahaan yang dapat membuat strategi pemasaran yang tepat, tentu akan dengan mudah menarik konsumen untuk dapat menggunakan produknya. Strategi pemasaran yang tepat tidak terlepas dari peranan perilaku konsumen. Pada dasarnya perilaku konsumen seseorang dapat berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi seseorang jika melakukan pembelian. Oleh karena itu, pemasar yang baik akan mengadakan penelitian mengenai perilaku konsumen yang berupa mengenali dan menganalisa karakteristik demografi dan perilaku pembelian konsumen sasarannya. Sehingga pada akhirnya dapat membuat strategi pemasaran yang sesuai untuk konsumen sasarannya. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai perilaku pembelian produk stationery, yaitu hal-hal apa saja yang membuat konsumen tertarik untuk membeli alat-alat tulis dengan desain tokoh kartun. Dan bagaimana pengaruhnya terhadap strategi promosi yang diterapkan oleh PT. AMK. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis terhadap 174 responden diketahui bahwa mereka tidak lagi melihat suatu produk berdasarkan fungsinya saja, tapi juga untuk menyalurkan hobi mereka Mereka biasanya membeli alat-alat tulis sesuai dengan tokoh kartun yang mereka sukai. Selain itu diketahui juga bahwa PT. AMK kurang memperkenalkan produk-produknya sehingga banyak pula responden yang kurang mengenai produk-produk PT. AMK. Dan juga diketahui bahwa ada hubungan antara peranan pranumiaga terhadap strategi promosi yang dijalankan. Jika penampilan para pramuniaga sangat baik, maka dengan sendirinya konsumen akan merasa nyaman untuk berbelanja di Toko Glen's (penyalur utama PT. AMK). Dengan memperhatikan hasil penelitian tersebut, diharapkan PT. AMK dapat membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan perilaku konsumen sasarannya dan juga dalam memperkenalkan produk-produknya ke masyarakat luas sehingga lebih banyak konsumen yang mengetahui dan kemudian membeli produk PT. AMK. Bagaimanapun juga dengan membuat strategi pemasaran yang tepat untuk konsumen sasarannya, perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan produknya sehingga perusahaan dapat mempertahankan usahanya di tengah persaingan yang semakin ketat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.203125 second(s)