Dengan berkembangnya perekonomian dan kegiatan dunia usaha yang makin marak, peranan pemasaran pun semakin diperlukan. Setiap perusahaan, bahkan individu sekalipun, hampir dapat dipastiklan melakukan kegiatan pemasaran dalam usahanya untuk berkecimpung dalam kegiatan bisnis. Ketatnya persaingan di dalam dunia bisnis, dalam hal ini pemasaran, akan dirasakan mendapat kendala yang cukup berat bila tidak mengikutsertakan aktivitas promosi didalamnya. Salah satu unsur promosi adalah periklanan. Salah satu di antara sekian banyak media, iklan dapat ditempatkan pada surat kabar, majalah dan juga tabloid, yang semuanya termasuk sebagai media cetak pers. Penyampaian berita di media massa, yang menjadi tugas pokok dari penerbit yang menawarkan jasa tersebut, mendorong para pemberi jasa untuk bersaing dalam hal penampilan iklan yang bersifat inovative, cepat dimengerti oleh masyarakat, dan mudah dicema keberadaannya. Dan hal tersebut sering menjadi suatu keterbatasan dari sebuah perusahaan. Keterbatasan ini menyebabkan peranan biro iklan semakin meningkat. Biro-biro iklan pun mulai bermunculan dan persaingan diantara mereka semakin ketat. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka perusahaan (biro iklan) perlu untuk mengelola aktivitas pemasarannya secara lebih efisien dan efektif. Pada penyusunan tulisan ini, analisa dan studi dari salah satu perusahaan sangatlah membantu dan membehkan gambaran yang berarti, bagaimana jasa periklanan turut memberikan efek kepada promosi sebuah produk. Dalam hal ini PERANAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN JASA menjadi inti dan tema dari tulisan ini. |