Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:48 WIB
Detail
BukuKepuasan Konsumen terhadap Mutu dan Pelayanan Alat Transportasi Umum (Taksi) pada PT Steady Safe
Bibliografi
Author: Handayanto N., Novawan ; Supranto, Johannes (Advisor)
Topik: Pengertian Pemasaran; Perilaku Konsumen; Jasa; Perusahaan Taksi; Kepuasan Konsumen Terhadap Taksi Steady Safe; Dimensi Pengukuran Kepuasan Konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1998    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Novawan Handayanto's Undergraduate Theses.pdf (2.95MB; 16 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-2953
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Suatu gejala umum seiring dengan semakin baiknya perekonomian Indonesia bahwa kenaikan pendapatan seseorang akan meningkatkan daya belinya dan menyebabkan terjadinya perubahan pola konsumsi dan cara belanjanya. Kenyamanan dan efisiensi yang ditawarkan oleh berbagai perusahan taksi memberi kebebasan kepada konsumen dapat memilih dan memperoleh taksi sesuai dengan keinginannya/kebutuhannya sendiri ini yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Kualitas taksi, mutu serta pelayanan yang diberikan oleh pasar swalayan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen yang pada akhirnya menjadikan unsur yang memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Kepuasan konsumen mempengaruhi dalam setiap perilaku pemilihan konsumen dimana bila seorang konsumen akan kembali melakukan pembelian/pemilihan taksi apabila ia merasa puas terhadap taksi tersebut. Dengan analisa perilaku konsumen maka pemasar dapat mengetahui dengan lebih baik keinginan konsumen dan memberikan sesuai dengan yang diharapkan konsumen. Akhirnya mendapat kedudukan utama dalam pilihan konsumen. PT. Steady Safe Tbk yang lebih dikenal dengan Taksi Steady Safe adalah perusahaan yang bergerak dibidang kebutuhan sehari-hari alat transportasi umum massa. PT. Steady Safe adalah merupakan perusahaan transportasi terbesar di Jakarta. Metode penelitian dilakukan dengan riset lapangan dan riset kepustakaan. Riset lapangan diperoleh dari kuesioner dan wawancara dengan perusahaan dan responden. Riset kepustakaan diperoleh dari buku-buku serta sumber data lain. Dari analisa kepuasan konsumen, diperoleh bahwa atribut rasa aman/keamanan penumpang memberikan nilai yang paling tinggi yang memberikan kepuasan, yaitu 6,53 dari skala 7. Kemudian berturut-turut banyaknya jumlah kendaraan taksi pada waktu dibutuhkan 5,83/ kejujuran supir/pengendara taksi 4,4, mutu/kualitas kendaraan taksi 4,28, keramahan supir/pengendara taksi 3,07, kedisiplinan supir/pengendara taksi 2,6, kedisiplinan perusahaan taksi 1,8. Pada akhirnya penulis mendapatkan kesimpulan bahwa kepuasan konsumen yang diukur pada kuesioner memberikan penilaian diatas cukup. Namun secara keseluruhan, terlihat mutu/kualitas kendaraan taksi, perasaan aman, banyaknya kendaraan taksi bagi konsumen sudah cukup baik. Namun atribut kejujuran, keramahan, kedisiplinan supir/pengendara serta kedisiplinan perusahaan taksi memberikan nilai yang jauh dibawah ke-3 atribut lainnya. Sehingga akhirnya perusahaan sebaiknya meningkatkan perhatian dan pelayanannya kepada konsumen. Yang dapat juga mempertahankan dan memperluas jaringan operasionalnya, sehingga perusahaan dapat menjadi perusahaan transportasi yang terbaik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)