Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:48 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Pendekatan Guided Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa SMA NW Pancor  
Oleh: Rasyad, Abdul ; Mahrup
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 17 no. 2 (Jun. 2013), page 149-161.
Topik: Pendekatan Guided Inkuiri; Prestasi Belajar; Karya Ilmiah
Fulltext: JJ12814917022013.pdf (153.94KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh pendekatan guided inkuiri dengan memberi tugas menulis karya ilmiah terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA NW Pancor tahun pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dan metode penelitiannya menggunakan penelitian eksperimen. Rancangan eksperimen menggunakan rancangan pre-test/post-test. Populasi penelitian adalah siswa kela X SMA NW Pancor tahun pembelajaran 2012/2013. Karena populasi penelitian tergolong kecil dengan demikian penelitian ini termasuk penelitian populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Metode pengumpulan data menggunajkan tes, observasi dan dokementasi,sedangkan terkait analisis data menggunakan statistik uji-t. Pengujian persyaratan analisis dilakukan dngan metode Liliefors untuk uji formasilitas dan metode Barlett untuk uji homogenitas varians. Hasil penelitian disimpulkan penggunaan pendekatan guide inkuiri dengan memberikan tugas menulis karya ilmiah berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA NW Pancor tahun pembelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan menggunakan rumus t-tes, dihasilkan t hitung 5.08 dan t tabel pada taraf signifikan 5% didapatkan batas angka penolakan hipotesis dengan db=48 adalah 2.08, sehingga t hitung > t tabel(5.08>2.08).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)