Dalam melakukan penjualan, setiap perusahaan akan berupaya terus agar produk yang dijualnya dapat dikenal dan tentunya dibeli orang. Untuk itu diperlukan adanya suatu strategi promosi untuk dapat memperkenalkan tentang adanya suatu produk baru atau mengingatkan akan adanya suatu merek tertentu yang belum atau tidak diketahui. Strategi promosi diperlukan perusahaan agar perusahaan dapat mengetahui tentang alat-alat promosi apa yang tepat dilakukan dalam menjual produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh PT Trakindo Utama sebagai agen tunggal produk alat berat merek Caterpillar dalam menjalankan strategi promosi dengan alat-alat promosi yaitu Advertising, Sales Promotion, PR/Publicity, Direct Marketing dan Personal Selling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara penelitian lapangan dan wawancara. Dari hasil penelitian, terlihat bentuk alat-alat promosi apa saja yang dilakukan oleh PT Trakindo Utama, terutama dalam personal selling, sales promotion, advertising dan direct mail, dan frekwensi kegiatan setiap promosi dari tahun ke tahun. Dari hasil penelitian terlihat bahwa PT Trakindo Utama menekankan pada alat promosi personal selling melalui salesperson. Untuk itu PT Trakindo Utama sebaiknya lebih cermat lagi dalam merekrut dan melatih salesperson, sehingga dapat meningkatkan jumlah unit penjualan Excavator merek Caterpillar. |