Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:32 WIB
Detail
ArtikelDaya Pragmatik Judul-Judul Berita Dalam Media Cetak Solopos dan Joglosemar  
Oleh: Rohmadi, Muhammad
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 11: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kesebelas, Jakarta,1-2 Mei 2013, page 332.
Topik: pragmatik; berita; media cetak; Solopos; dan Joglosemar
Fulltext: DAYA PRAGMATIK.pdf (2.17MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 11
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: 1
    Lihat Detail Induk
Isi artikelMedia cetak sebagai media promosi, provokasi, dan persuasi kepada para pembaca melalui bahasa tulis. Judul-judul berita dalam media cetak Solopos dan Joglosemar memiliki kekuatan persuasif yang luar biasa kepada para pembaca untuk mempengaruhi prespektif positif atau negatif pemikiran pembaca. Hanya membaca judul mampu mengubah prespektif dan gejolak rasa pembaca dalam kondisi senang, sedih, terharu, simpati, terkesima, dan bahkan jengkel atau marah. Oleh karena itu, judul-judul berita dalam media cetak dapat menimbulkan pro dan kontra para pembaca secara langsung dan tidak langsung. Dengan demikian judul-judul berita dalam media cetak Solopos dan Joglosemar memiliki aneka karkteristik dan daya pragmatik untuk mempengaruhi pembacanya melalui teknik-teknik pembuatan judul berita. Konteks berita memiliki peran kuat untuk membangun perspektif positif dan negatif para pembaca secara holistik dalam perspektif sosial, ekonomi, pendidikan, hukum, seni, dan budaya secara kreatif. Fakta ini menjadi bukti bahwa bahasa merupakan alat komunikasi paling efektif untuk mempengaruhi perspektif pembaca, baik secara verbal maupun nonverbal dalam kehidupan sehari-hari.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)