Anda belum login :: 23 Nov 2024 12:12 WIB
Detail
ArtikelAplikasi Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar  
Oleh: Wulan, Neneng Sri
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 11: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kesebelas, Jakarta,1-2 Mei 2013, page 317-320.
Topik: Whole Language; pembelajaran bahasa; pendekatan pembelajaran
Fulltext: APLIKASI WHOLE LANGUAGE.pdf (2.17MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 11
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: 1
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSetiap pembelajaran bahasa bertujuan untuk mengembangkan empat keterampilan berbahasa yang dimiliki siswa. Namun saat ini, belum semua pembelajaran bahasa dapat mengembangkan empat keterampilan berbahasa tersebut. Berdasarkan hasil observasi di beberapa sekolah dasar kota Serang, hampir 50% pembelajaran bahasa hanya mengasah satu atau dua keterampilan berbahasa saja. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran bahasa yang dapat mengintegrasikan empat keterampilan berbahasa dalam satu pembelajaran. Whole Language merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran bahasa yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di dalam pembelajaran Whole Language, empat keterampilan berbahasa diasah secara bersamaan dan tidak terpisah-pisah. Siswa dapat mengembangkan keterampilan membaca, menyimak, menulis, dan berbicara dalam pembelajaran tersebut. Komponen-kompenen yang terdapat dalam pembelajaran Whole Language, yaitu: (1) reading aloud, (2) journal writing, (3) sustained silent reading, (4) shared reading, (5) guided writing, (6) guided reading, (7) independent reading, dan (8) independent writing. Dengan pembelajaran Whole Language, keterampilan berbahasa siswa diharapkan dapat berkembang secara menyeluruh.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)