SIA sebagai perusahaan jasa penerbangan menghadapi situasi persaingan yang semakin kompetitif. Selain persaingan yang kompetitif tersebut, SIA juga menghadapi tuntutan konsumen yang semakin banyak dan beragam. Oleh karena itu, untuk mempertahankan eksistensinya SIA menerapkan strategi penciptaan nilai untuk meningkatkan kepuasan konsumen perusahaan. Pokok permasalah skripsi ini: bagaimana upaya SIA dalam menciptakan nilai bagi konsumennya? dan bagaimana implikasi penciptaan nilai tersebut bagi peningkatan kepuasan konsumen perusahaan. Penulisan skripsi ini bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk itu, penelitian ini didukung upaya pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mewancarai 144 responden yang merupakan frequent flyers atau sama dengan 0,1% kapasitas penumpang SIA untuk penerbangan jarak jauh (di atas 10 jam penerbangan) dalam 1 bulan, dengan komposisi 62,5% penumpang kelas ekonomi, 34,75% penumpang kelas bisnis, dan 2,8% penumpang kelas utama) dan hasilnya diklasifikasikan dengan menggunakan Skala Likert Lima Point untuk dianalisis lebih lanjut. Dalam penelitian ini, kenyataan yang didapat adalah persepsi konsumen SIA berbeda dengan harapannya dan menghasilkan nilai 1,14 untuk kepuasan konsumen. Nilai 1,14 mengindikasikan bahwa konsumen merasa sangat puas atau strategi penciptaan nilai yang dilaksanakan perusahaan sudah berhasil. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya perusahaan untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui strategi penciptaan nilai sudah berhasil. Tetapi perusahaan harus tetap melanjutkan upaya tersebut secara berkesinambungan agar meningkatkan kepuasan konsumen. |