Anda belum login :: 23 Nov 2024 23:45 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Efektivitas Penggunaan Toolbar IME PAD Tegaki dan Soukakusuu Pada Pembelajar Menulis dan Membaca II
Oleh:
Ningrum, Rosita
;
Astami, Timur Sri
;
Budihardja, Felicia
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 11: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kesebelas, Jakarta,1-2 Mei 2013
,
page 291-296.
Topik:
Toolbar IME PAD
;
tegaki
;
Soukakusuu
Fulltext:
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN.pdf
(2.17MB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 11
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini berjudul ”Efetifitas Penggunaan Toolbar IME PAD Tegaki Dan Soukakuu Pada Pembelajar Menulis dan Membaca II”. Pada penelitian-penelitian terdahulu, untuk pembelajaran Menulis dan Membaca banyak menggunakan macromedia flash dan power point sebagai sarana pembelajaran . Untuk penelitian ini, difokuskan pada huruf kanji sebagai asumsi peneliti melihat kendala pembelajar bahasa asing yang sama sekali baru dalam mempelajari bahasa keduanya. Toolbar IME PAD Tegaki dan soukakusuu ini diujicobakan pada mahasiswa semester dua dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas toolbar tersebut dalam pembelajaran menulis kanji bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimental dengan teknik mind mapping (kelompok eksperimen) dan kelompok lainnya (kelompok kontrol) dengan teknik pembelajaran biasa. Data diambil dengan dua cara yakni kuantitatif dengan membuat instrumen berupa pre test dan post test pada kedua sampel kelas serta data kualitatif berupa wawancara untuk melengkapi hasil analisis data secara deskriptif. Selanjutnya, seluruh hasil data pre test dan post test dianalisis dengan mengukur normalitas data dan uji-t untuk mengetahui sejauh mana efektifitas teknik mind mapping berhasil diterapkan kepada sampel. Untuk menguatkan hasil tersebut, hasil wawancara ditranskripsi untuk melihat tanggapan atau respon dari sampel tentang teknik mind mapping pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Hasil analisis data tes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diharapkan diperoleh hasil bahwa toolbar IME PAD tegaki dan soukakusuu terbukti lebih efektif dipakai dalam pembelajaran menulis dan membaca bahasa Jepang dibandingkan dengan cara konvensional yang biasa dipakai.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)