Untuk memasarkan produknya perusahaan memerlukan suatu cara yang dapat diandalkan. PT. Berkatama Raya Finance dalam hal ini memilih Personal Selling sebagai alat promosi untuk mencapai keberhasilan dalam kaitannya dengan kegiatan pemasaran jasa Consumer Finance. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah library research dan field research. Sebelum sampai pada tahap Implementasi Credit Marketing Officer PT. Berkatama Raya Finance mendesain dan mengelola gugus Credit Marketing Officer-nya terlebih dahulu. Sedangkan tahap-tahap Implementasi Credit Marketing Officer dilakukan terhadap showroom dan customer, di mana masing-masing meliputi mengidentifikasi calon, pendekatan awal, pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan-keberatan, penutupan, serta tindak lanjut dan pemeliharaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, kegiatan Personal Selling pada PT. Berkatama Raya Finance telah berhasil karena mampu neningkatkan penjualan dan profit dari tahun ke tahun, serta mampu nenempatkan dirinya di antara pesaingnya. Saran utama yang dapat penulis berikan yaitu perusahaan perlu lebih nenekankan hubungan baik dengan orang-orang yang pernah nenjadi customernya, agar mereka mengulang kembali transaksinya. |