Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:12 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Strategi Kesantunan Meminta pada Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Oleh:
Tarwati, Kartika
;
F. A. , Stianingrum
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 11: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kesebelas, Jakarta,1-2 Mei 2013
,
page 53-56.
Topik:
pragmatik
;
kesantunan
;
gender
;
siswa
Fulltext:
STRATEGI KESANTUNAN.pdf
(29.88KB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 11
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kegiatan berinteraksi antara guru dan siswa di sekolah terjadi setiap hari. Hal yang harus dipatuhi dalam berinteraksi terutama antara siswa dengan guru adalah bentuk kesantunan. Bentuk kesantunan yang digunakan akan berbeda, salah satunya dipengaruhi gender. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan (1) mengetahui bentuk kesantunan yang dilakukan siswa terhadap guru, (2) mengetahui perbedaan bentuk kesantunan yang digunakan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, (3) mengetahui jarak sosial antara siswa dengan gurunya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Cibadak. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Program TPHP. Dengan menggunakan teori kesantunan Brown & Levinson, diperoleh hasil sebagai berikut (1) siswa lebih banyak menggunakan kesantunan positif dan tidak langsung kepada gurunya dalam meminta, (2) siswa perempuan dianggap lebih santun karena bentuk kesantunan yang digunakan adalah kesantunan negatif, sedangkan siswa laki-laki menggunakan bentuk kesantunan bald on-record, (3) jarak sosial antara siswa dengan gurunya cukup dekat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)