Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui reaksi konsumen terhadap penawaran produk, penilaian pemegang polis terhadap pelayanan agen, jumlah pemegang polis, dan besarnya penerimaan premi. Metode Penelitian: Sifat penelitian deskriptif analisis melalui studi kepustakaan, wawancara, kuesioner, observasi dan penarikan sample melalui purposive dan accidental. Hasil Penelitian: Bumiputera telah berhasil membuat jasa asuransi sebagai suatu jasa yang dibutuhkan masyarakat yaitu dari jasa yang tidak dicari menjadi jasa yang dicari walaupun tingkat permintaan riilnya baru 10%. Kesimpulan: Kegiatan pemasaran yang dilakukan Bumiputera telah berhasil merubah prilaku masyarakat walaupun baru 10%. Dan 10% masyarakat yang telah berubah prilakunya tersebut cukup membuat Bumiputera menjadi market leader dan Bumiputera dapat tumbuh dan berkembang saat ini. Saran: Dalam rangka memperluas pemasaran dan menyadarkan masyarakat akan adanya risiko yang akan dialami, perlu dilakukan penyebaran informasi tentang asuransi, untuk itu diperlukan penambahan jumlah agen. Karena melalui agen, pemasaran untuk produk jasa asuransi jiwa dapat menjadi lebih efektif dimana melalui agen prilaku anggota masyarakat dapat dirubah. |