Strategi penjualan yang diterapkan oleh perusahaan sangat menentukan perkembangan perusahaan selanjutnya, karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peranan pengawasan mutu di dalam kaitannya dengan usaha meningkatkan hasil penjualan perusahaan. Penulis menggunakan dua metode penelitian, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian, didapatkan data-data bahwa perusahaan di dalam menerapkan strategi penjualan menggunakan strategi pengawasan mutu. Strategi pengawasan mutu yang dilakukan dengan baik, dapat meningkatkan volume penjualan. Sebelum melakukan pengawasan mutu dengan ketat, hasil penjualan PT. LEMINDO ABADI JAYA kenaikannya tidak terlalu besar jumlahnya, tetapi setelah menerapkan pengawasan mutu secara ketat, kenaikan hasil penjualan PT. LEMINDO ABADI JAYA cukup besar. Data selama lima tahun yang diperoleh penulis dari PT. LEMINDO ABADI JAYA, menunjukkan bahwa terjadinya kenaikkan volume penjualan yang sangat pesat. Sedangkan pada tahun-tahun awal berdirinya PT. LEMINDO ABADI JAYA, dimana penerapan pengawasan mutu berjalan kurang baik maka terjadi penurunan volume penjualan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pengawasan mutu sangat penting bagi bidang industri khususnya pada PT. LEMINDO ABADI JAYA. |