Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:24 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Social Marketing pada BKKBN dalam Memasyarakatkan Program Keluarga Berencana Di Indonesia
Bibliografi
Author:
Adjiningsih, Angela Sherry Virdiansari
;
Wibowo, Rusminto
(Advisor)
Topik:
MARKETING
;
SOCIAL MARKETING
;
Pemasaran Sosial
;
KB
;
Bauran Pemasaran
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1995
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Angela Sherry Virdiansari's Undergraduate Theses.pdf
(3.67MB;
26 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-723
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pemasaran sosial oleh BKKBN dan efektifitasnya dalam memasyarakatkan KB dengan mengembangkan hipotesis "dengan penerapan pemasaran sosial yang efektif peserta KB aktif pada jalur swasta semakin meningkat". Untuk itu dilakukan studi pustaka dengan mempelajari berbagai sumber bacaan. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap beberapa pejabat BKKBN dan dikumpulkan data sekunder mengenai pemakai KB. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode SWOT untuk mengkaji penerapan social marketing mix di BKKBN sedang pengkajian efektifitas penerapannya dilakukan dengan analisis tren dan tabel silang. Kajian kekuatan social marketing mix di BKKBN terutama terlihat pada tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi yang sudah menyadari pentingnya ber-KB jaringan distribusi yang menyeluruh, dan pelaksanaannya dievaluasi secara berkala. Kelemahan program ini terutama terletak pada kurangnya ketrampilan petugas lapangan dan pemutusan pemakaian alat KB. Peluangnya terutama terletak pada pengembangan jenis produk, partisipasi aktif masyarakat, dan dukungan pemerintah. Sementara itu ancamannya terutama dari pemutusan pemakaian dan kondisi sosial budaya yang kurang mendukung. Dari hasil analisis data Peserta KB aktif antara 1988/89 sampai tahun 1994/95 menunjukkan adanya kenaikan jumlah dan kenaikan persentase peserta KB aktif yang melalui jalur swasta. Walaupun variabel kontrol berupa wilayah penggarapan KB dan jenis alat KB yang dipakai diikutsertakan dalam analisis, terlihat bahwa jumlah peserta KB aktif jalur B dari tahun ke tahun tetap terus meningkat. Dengan demikian, dari hasil analisis ini dapat dikatakan bahwa social marketing yang diterapkan BKKBN terbukti efektif sehingga hipotesis penelitian yang dikembangkan terbukti. Namun demikian, pemasaran sosial KB masih perlu ditingkatkan lagi dan diperbaiki kelemahannya karena secara absolut masih banyak masyarakat yang memakai KB melalui jalur pemerintah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)