Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:36 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Kepuasan Pasien sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Citra Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru  
Oleh: Marzaweny, Diskha ; Hadiwidjojo, Djumilah ; Chandra, Teddy
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 10 no. 3 (2012), page 564-5735.
Topik: kualitas pelayanan kesehatan; kepuasan pasien; citra rumah sakit
Fulltext: 487_Pas.pdf (80.69KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien dan citra RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, serta pengaruh mediasi kepuasan pasien. Kualitas pelayanan kesehatan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan model Servqual dari Parasuraman. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pasien rawat inap yang sedang menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru pada saat pengambilan data / wawancara dilakukan di bulan Juli 2011, dengan kriteria / karakteristik sebagai berikut: a) Pasien rawat inap minimal sudah menjalani perawatan selama 2 hari. b) Pasien dalam keadaan sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik. c) Pasien bukan anak-anak. d) Pasien bukan pegawai rumah sakit atau keluarganya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dan citra rumah sakit. Kepuasan pasien juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra rumah sakit. Oleh sebab itu, kepuasan pasien dipandang memiliki peranan dalam memediasi hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan citra RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)