Anda belum login :: 26 Nov 2024 19:07 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember  
Oleh: Ulfah, Maria ; Rachmi, Asih T. ; Yuniarinto, Agung
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 11 no. 3 (2013), page 384-391.
Topik: bauran pemasaran; rawat jalan; rumah sakit
Fulltext: 121-1510-1-PB_Pas.pdf (65.59KB)
Isi artikel Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui gambaran umum tentang tentang bauran pemasaran yang meliputi: Produk/product, harga/price, Tempat/place, Promosi/promotion, Petugas/people, Proses/process dan Sarana/physical evidence terhadap keputusan menggunakan jasa rawat jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember, mengetahui pengaruh bersama-sama bauran pemasaran terhadap keputusan menggunakan jasa rawat jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember serta mengetahui pengaruh secara parsial bauran pemasaran terhadap keputusan menggunakan jasa rawat jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Penelitian dilakukan survei analitik (non eksperimental) dengan pendekatan cross sectional pada 80 pasien di Poliklinik rawat jalan rumah sakit Bina Sehat Jember, pengambilan sampel secara purposive sampling. Variabel bebasnya adalah Produk/ product, harga/price, Tempat/place, Promosi/promotion, Petugas/people, Proses/process dan Sarana/physi- cal evidence, variabel tergantungnya adalah keputusan menggunakan jasa rawat jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember, yang diukur dengan instrument kuesioner. Penelitian dilakukan di Poliklinik rawat jalan rumah sakit Bina Sehat Jember. Sebelum digunakan, kuesioner yang merupakan instrumen penelitian ini dilakukan pengujian terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Pengujian terhadap validitas instrument tersebut menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Data dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa rawat jalan di rumah sakit Bina Sehat Jember. R2 sebesar 0,809 bahwa kemampuan variabel independen Produk (X1), Tarif (X2), Tempat (X3), Promosi (X4), Petugas (X5), Proses (X6) dan Sarana (X7) untuk mejelaskan variasi pada variabel dependen Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan (Y) adalah sebesar 80,9%. Selebihnya, yaitu 19,1% dijelaskan oleh variabel bebas yang lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel poduk, tempat, promosi, petugas dan sarana berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa rawat jalan rumah sakit Bina Sehat, sedangan variabel tarif dan proses tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa. Variabel bebas yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap eputusan menggunakan jasa rawat jalan (Y) yaitu Produk (X1) sebesar 29,94% sedangkan pengaruh berikutnya secara berurutan adalah Sarana (X7) sebesar 18,77%, Tempat (X3) 14,76%, Promosi (X4) 12,10%, Petugas (X5) 9,72%, Proses (X6) 3,94% dan Tarif (X2) 0,55%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)