Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:11 WIB
Detail
ArtikelPenyimpangan Etika Bisnis Usaha Mikro dalam Perspektif Fenomenologi Sechler dan Weber (Studi Kualitatif pada Produk Tahu dan Ayam Potong Oleh Usaha Mikro di Pasar Tradisional Harapanjaya, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia)  
Oleh: Firdaus, Adhy
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 11 no. 1 (2013), page 21-33.
Topik: etika bisnis; tidak etika bisnis; usaha mikro; pola fikir; norma-norma
Fulltext: 492-1286-1-PB_Pas.pdf (111.69KB)
Isi artikel Bangsa Indonesia terkenal dengan nilai-nilai keagamaan dan moralnya, akan tetapi terjadi penyim- pangan etika bisnis pada usaha skala mikro berupa penggunaan bahan kimia berbahaya formalin dalam produk-produk makanan. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap fenomena prilaku penyimpanggan etika bisnis pada usaha mikro serta implikasinya pada manajemen. Seting penelitian adalah pasar tradisional di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Penelitian berfokus pada mengapa tindakan penyimpanggan etika bisnis berupa pengunaan bahan kimia berbahaya seperti formalin terjadi pada sektor makanan dari usaha mikro. Khususnya pada industri ’tahu’ dan ayam potong. Kami menginterview beberapa informan guna mendapatkan informasi untuk dianalisa. Instrumen penelitian termasuk catatan, alat perekam, kamera foto, interview mendalam, dll. Data dipelajari dan diproses dengan coding dan analisa thema. Untuk menjamin kredibilitas penelitian digunakan peer debrieving, triangulasi, dan audit. Setelah analisa data, mengunjungi kembali seting, diskusi dengan sejawat, lalu ditarik kesimpulan. Penemuan penelitian ini adalah (1) Ketidak tahuan, mis-informasi, tekanan ekonomi, tuntutan kerja dari atasan/ bos/pasar, ikut-ikutan, serta tidak melihat langsung akibat buruk dari perbuatan dari perbuatan pelanggaran etika bisnis,mengakibatkan ’mind set’ atau pola pikir usaha mikro saat melakukan pelanggaran etika bisnis adalah tidak merasa bersalah; (2) Etika bisnis usaha mikro dipengaruhi oleh lingkungan, pengetahuan, tekanan ekonomi, dan norma-norma.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)