Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:24 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perempuan dalam Iklan Kosmetik di Majalah Elle
Oleh:
Lustyantie, Dr. Ninuk, M.Pd
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Semiotik, Pragmatik dan Kebudayaan: Kumpulan makalah seminar
,
page 1-12.
Topik:
Iklan
;
perempuan
;
pragmatik
;
dan semiotika
Fulltext:
makalah Ninuk Lustyantie.pdf
(143.78KB)
Isi artikel
Majalah ELLE Prancis adalah majalah yang terbit di Prancis khusus bagi perempuan usia 20 tahun sampai dengan 40-an tahun, oleh karena itu produk iklan yang terdapat di majalah tersebut sebagian besar ditujukan bagi kaum perempuan. Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi massa yang mempunyai maksud persuasif untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan dan sekaligus mengajak calon pembeli untuk memiliki produk yang ditawarkan dengan piranti kebahasaan. Perkembangan di era kekinian, untuk memahami iklan tidak hanya bertumpu pada piranti bahasa saja, tetapi juga dengan tanda-tanda atau simbol yang merepresentasikan objek benda yang ditawarkan. Pragmatik digunakan untuk mengetahui makna yang tersurat dari sebuah iklan. Sementara itu, semiotik digunakan untuk menyingkap maksud gambar dalam iklan yang didominasi dengan tanda dan simbol. Tanda atau simbol tersebut langsung dapat tervisualisasi melalui foto, gambar, dan ilustrasi tertentu sehingga hal ini lebih membawa makna pragmatik dan langsung tertangkap maksud yang ingin disampaikan dibandingkan dengan penggunaan piranti kebahasaan saja. Tentu saja simbol atau tanda yang dihadirkan dalam iklan mempunyai pertimbangan skemata budaya yang dimiliki oleh masyarakat target iklan. Dengan demikian, mengkaji iklan tidak cukup dengan pendekatan pragmatik, tetapi juga dengan pendekatan semiotik yang akan menggamblangtuntaskan fenomena bahasa iklan yang marak digunakan saat ini. Kajian pragmatik dan semiotik menjadi kebutuhan yang mendesak untuk membaururaikan fenomena bahasa iklan yang didominasi dengan simbol dan tanda. Untuk itu, dalam kajian ini menggunakan pendekatan semiotik pragmatik untuk membedah penggunaan bahasa iklan yang tertera dalam iklan dan tanda atau gambar iklan kosmetik di majalah ELLE Prancis yang di dominasi oleh perempuan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)