Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:42 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa
Oleh:
Karneli, Yeni
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding seminar internasional konseling Malindo-3, the heart and soul of counseling: a reflection
,
page 367-372.
Topik:
Efikasi Diri Akademik (EDA)
;
Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku (KMKP)
Ketersediaan
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
159.07 (061) PRO
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Rendahnya efikasi diri akademik siswa merupakan salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa. Efikasi diri akademik secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap kegigihan dalam mencapai prestasi. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah akan cenderung mengalami kebingungan dan bermasalah. Gejala siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah nampak pada kurang percaya diri, meragukan kemampuan akademisnya, tidak mencapai nilai tinggi di bidang akademik. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah merasa dirinya tidak berharga, paling bodoh, bersikap defensif serta tidak belajar dari banyak kegagalan yang dialaminya, mudah menyerah, malas, stress dan depresi (Schunk, 1994 & Bandura, 1997). Untukmeningkatkan efikasi diri akademik rendah siswa penulis menggunakan pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku (KMKP) yang merupakan teknik penggabungan terapi kognitif dan bentuk modifikasi perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku meningkatkan efikasi diri akademik siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian true experiment. Bentuk desain yang digunakan pretest-postest control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa SMK N 9 Padang yang mengalami masalah efikasi diri akademik rendah yang terdiri dari 8 orang pada kelompok eksperimen dan 8 orang pada kelompok kontrol. Penjaringan subjek penelitian menggunakan skala penilaian efikasi diri akademik (SPEDA), diadaptasi dari academic self efficacy: An inventory (JInks dan Morgan, 1999). Analisis data menggunakan statistik non parametrik yaitu Uji Two Independent Sampel Test Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak, atau terdapat perbedaaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku (KMKP) efektif untuk meningkatkan efikasi diri akademik (EDA) siswa SMK.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)