Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:17 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peran Tekonologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013
Oleh:
Anwas, Oos. M
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Teknodik vol. 17 no. 1 (Mar. 2013)
,
page 493-504.
Topik:
Kurikulum 2013
;
Tekonologi Informasi dan Komunikasi
;
Media Pembelajaran
;
Kompetensi Peserta Didik Abad 21
Fulltext:
JJ12849317012013.pdf
(54.45KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ128.6
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Perubahan kurikulum 2013 dilakukan atas jawaban sebagai jawaban atas kebutuhan dan tuntutan zaman di abad 21. Kurikulum ini memiliki karakteristik yang tersendiri. Tulisan ini bertujuan untuk mengindentifikasi tuntutan perubahan guru dalam inovasi pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum, dan mengindentifikasi peran TIK dalam mensukseskan implementasi kurikulum 2013. Hasil kajian diketahui bahwa kurikulum 2013menuntut guru melakukan inovasi pembelajaran dalam hal: pembelajaran integrasi, pendekatan proses, menanamkan pendidikan karakter yang integrasi dalam setiap mata pelajaran, melatih atau membiasakan berpikir kritis, inovatif, pendekatan scientific, menghargai pendapat dabn perbedaan, toleransi, membangun kemandirian, menanamkan kemampuan berkomunikasi, pemanfatan media masa yang benar, evaluasi yang menyeimbangkan proses dan hasil, dan lainya. Peran TIK dalam implementasi kurikulum 2013 antara lain: memberikan berbagai contoh nyata model dan inovasi pembelajaran sesuai kurikulum 2013, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif terutama aspek sikap dan keterampilan, sebagai wahana diskusi dan sharing pengalaman antar guru dalam implementasi kurikulum 2013, sebagai wahana membangun kreatifitas peserta didik, dan merupakan sumber belajar sesuai tuntutan kebutuhan peserta didik di abad 21.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)