Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:34 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDK Abdi Siswa
Bibliografi
Author:
Yudiwati, Christophora Susi
;
Sudarnoto, Laura Francisca Neneng
(Advisor)
Topik:
Kebiasaan Membaca
;
Prestasi Belajar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1993
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Christophora Susi Yudiwati Undergraduated Theses.pdf
(1.74MB;
41 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-095
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Membaca adalah kegiatan yang sangat menunjang dan menambah pengetahuan. Buku adalah sarana pokok untuk kegiatan membaca. Melalui buku siswa membaca untuk memperkaya khasanah pengetahuannya, termasuk pengetahuan bahasa. Wawasan siswa akan bertambah bila siswa terbiasa membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca dan prestasi belajar bahasa Indonesia pada masa kanak-kanak akhir khususnya pada siswa kelas V sekolah dasar. Subyek penelitian adalah para siswa kelas V SDK Abdi Siswa. Instrument mengenai kebiasaan membaca disusun oleh penulis, data hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh melalui data dokumenter. Metode penelitian ini tergolong ex post facto dan tipe penelitian korelatif. Korelasi Product Moment dipakai sebagai tehnik analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara kebiasaan membaca dan hasil belajar bahasa Indonesia. Dari data perpustakaan sekolah SDK Abdi Siswa diketahui bahwa 897. siswa kelas V membaca buku fiksi dan 11 X siswa membaca buku non fiksi. Dari salah satu pernyataan inventor, Kebiasaan membaca diketahui 44 %. siswa sering membaca buku pengetahuan dan 56 %, siswa tidak senang membaca buku pengetahuan. Melihat keadaan tersebut, orang tua diharapkan dapat menyediakan buku bagi anak-anak dan mengarahkan pada buku—buku pengetahuan. Guru di sekolah kiranya dapat menggunakan buku-buku fiksi sebagai penunjang, mengaktifkan pembuatan majalah dinding dan perpustakaan sekolah atau menggunakan kata-kata atau istilah-istilah baru yang sering digunakan di media massa terutama dalam penerapannya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.21875 second(s)