Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan adanya interaksi antara guru dan peserta didik dalam situasi belajar. Keberhasilan kegiatan ini ditentukan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah factor kemampuan guru mengelola KBM. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang sejauh mana peranan PKG dalam meningkatkan pelaksanaan KBM IPA di line SMP Negeri DKI Jakarta, melalui usaha peningkatan kemampuan guru dalam mengelola KBM. Data dihimpun melalui penelitian survai, dengan melakukan observasi kegiatan belajar mengajar di kelas, wawancara terhadap guru, dan wawancara terhadap peserta, didik di lima SMP Negeri DKI Jakarta. Dari analisa data tentang penguasaan guru IPA terhadap metode-metode pengajaran, komponen keterampilan mengajar, dan penerapan pendekatan keterampilan proses, yang tercemin dalam KBM yang ditampilkannya, penulis berkesimpulan bahwa PKG cukup berperan dalam meningkatkan pelaksanaan KBM IPA. Berkaitan dengan hal tersebut penulis menyarankan supaya Depdikbud memberi kesempatan yang merata kepada guru IPA untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan PKG dalam rangka meningkatkan kemampuannya mengelola KBM. Untuk selanjutnya, mengingat LPTK mendidik guru yang nantinya bertugas sebagai guru bidang studi, kiranya perlu menperkenalkan sistem PKG kepada para mahasiswa, agar mampu mengimbangi gejala yang sedang berkembang di dunia pendidikan kita. |