Penjualan merupakan kegiatan penting yang memberikan kontribusi terbesar bagi laba bersih perusahaan. Agar kontribusi yang diberikan maksimal, penjualan harus dikelola dengan baik Pengelolaan penjualan yang baik meliputi pencatatan penjualan, pertumbuhan penjualan, staf penjualan, dan pelayanan penjualan secara efektif dan efisien. Guna mengetahui sampai sejauh mana tingkat efektifitas dan efisiensi tersebut diperlukan pemeriksaan manajemen atas aktifitas penjualan perusahaan untuk kemudian diberikan saran-saran perbaikan atas kelemahan-kelemahan yang masih ada. Secara umum piutang timbul karena adanya penjualan secara kredit, jadi piutang tidak dapat dilepaskan dari penjualan. Salah satu strategi yang dilakukan oleh manajemen untuk meningkatkan volume penjualan dengan memberikan fasilitas kredit Disamping itu, piutang usaha merupakan unsur yang penting di neraca karena perputaran piutang menjadi kas hanya membutuhkan satu langkah saja yaitu lewat penagihan. Oleh karena itu pengendalian terhadap piutang usaha sangat penting untuk menjaga arus kas masuk perusahaan. Adapun yang menjadi obyek pemeriksaan manajemen di sini adalah PT Travelindo Mutiara Bersama yang bergerak di bidang jasa, khususnya perjalanan wisata Sedangkan penelitian hanya dibatasi pada masalah manajemen penjualan dan piutang usaha PT Travelindo Mutiara Bersama. Penelitian meliputi kegiatan mengumpulkan data, mempelajari, mengolah dan menganalisa data Data primer diperoleh melaluri riset lapangan, berupa wawancara dengan pihak yang terkait dan observasi langsung. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui riset perpustakaan. Dari pemeriksaan, penulis menyarankan beberapa kelemahan pokok diantaranya tidak adanya daftar umur piutang (aging schedule), tidak adanya upaya peningkatan kualitas dan kuantitas para staf terutama staf penjualan, tidak dliakukannya evaluasi penjualan secara periodik. Selain itu juga, rata-rata waktu penagihan piutang melewati masa kredit yang diharapkan, yang disebabkan karena pemberian kredit yang berlebihan, kebanyakan kredit yang terlalu longgar, serta umur penagihan yang harua ditingkatkan. Berdasarkan kelemahan-kelemahan tersebut, diajukan rekomendasi perbaikan dengan harapan dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan penjualan dan piutang usaha pada PT Travelindo Mutiara Benama. |