Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:28 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Penerapan Penilaian Portofolio Online Web Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Tingkat SMA  
Oleh: Irawan, Denis ; Astra, I Made ; Bakrie, Fauzi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 16 no. 3 (Sep. 2012), page 299-316.
Topik: Penilaian; Portofolio; Online; Web based learning
Fulltext: JJ12829916032012.pdf (1.3MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128.6
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penilaian portofolio oline web based learning terhadap hasil belajar fisika siswa tingkat SMA dalam pembelajaran fisika. metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Depok kelas X pada bulan Januari-Februari 2012. adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-4 dan X-5 yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. variabel bebas pada penelitian adalah penerapan portofolio online web based learning, dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Untuk mengukur variabel terikat digunakan instrumen berupa soal pilihan ganda dengan 5 pilihan sebanyak 25 soal. Sebelum soal digunakan pada kelas eksperimen dan kontrol, terlebihdahulu soal tes tersebut diuji validitas dan reabilitasnya. Uji validitasnya menggunakan korelasi produk moment dan uji signifikansi , sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha. kelas eksperimen diberikan perlakuan penerapan penilaian potofolio online web based learning dalam proses pembelajaran fisika, sedangkan kelas kontrol menerapkan portofolio online dengan penilaian berupa komentar dalam proses pembelajaran fisika. Pengujian normalitas mengunakan Uji Chi Kuadrat yang menunjukan bahwa data terdistribusi secara normal. Uji homogenitas menggunakan uji-F, menunjukan bahwa sampel bersifat homogen. Pada pengujian hipotesis digunakan uji parametrik (uji-t) dengan taraf signifikan ?=0,05. D ari hasil pengujian diperoleh penilaian T hitung = 3,74 dan T tabel=1,667, T hitung > T tabel sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan penilaian portofolio online web based learning berpengaruh signifikan teradap hasil belajar siswa SMA pada pembelajaran fisika.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)