Anda belum login :: 23 Nov 2024 10:38 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Popularitas Selebriti sebagai Komoditas Politik
Oleh:
Choiriyati, Wahyuni
;
Wiendijarti, Ida
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Ilmu Komunikasi vol. 09 no. 02 (2011)
,
page 128-142.
Topik:
ideologi media dan selebriti politisi
Fulltext:
Wahyu-Ida.pdf
(246.3KB)
Isi artikel
Banyak partai politik menggunakan artis perempuan sebagai pengumpul suara dalam pemilihan umum (pemilu). Riset ini bertujuan mendeskripsikan upaya-upaya membongkar praktik stereotip artis perempuan sebagai pengumpul suara di partai politik, dilakukan dengan metode Critical Discourse Analysis Fairclough dengan melihat hubungan teks yang mikro dengan konteks masyarakat yang makro. Titik perhatian riset ini adalah melihat bagaimana pemakai bahasa membawa nilai ideologis tertentu dan dianalisis secara menyeluruh. Bahasa dilihat sebagai perspektif yang membawa konsekuensi tertentu. Bahasa secara sosial dan historis adalah bentuk tindakan, dalam hubungan dialektik dengan struktur sosial.Analisis harus dipusatkan pada bagaimana bahasa itu terbentuk dan dibentuk dari relasi sosial dan konteks sosial tertentu. Kajian ini menemukan dinamika Rubrik Pokok dan Tokoh yang termuat dalam majalah Tempo mengenai liputan selebriti politisi. Terdapat subordinasi patriarki yang dilanggengkan dalam teks yang diproduksi oleh awak media (dalam hal ini wartawan) yang telah melalui proses seleksi gatekeeping dengan melibatkan struktur redaksi media yang bersangkutan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)