Anda belum login :: 23 Nov 2024 10:50 WIB
Detail
ArtikelFaktor-Faktor yang Memengaruhi Diskrepansi  
Oleh: Suharyanti ; Widiastuti, Tuti ; Kania, Dessy ; Putri, Dianingtyas M. ; Wijaya, Bambang Sukma
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Ilmu Komunikasi vol. 09 no. 02 (2011), page 193-206.
Topik: kepuasanyang dicaridankepuasanyang diperoleh
Fulltext: Tuti-Suharyanti-dkk.pdf (318.35KB)
Isi artikelSetiap orangmemilikimotif dalammenggunakanmedia massa dantidak setiap media dapat memenuhi kepuasan seseorang. Sering terdapat kesenjanganantara apa yang diinginkan seseorang darimediamassadenganapa yangdiperolehorangtersebut setelahmengonsumsimediamassa.Dalam pandangan uses and gratification, seseorangsecara selektifmenggunakanmediamassa untukmempertahankanataumerubahkondisi perasaan(suasana hati) ataukondisi kegembiraan (rousal).Tulisan inimenguji gratifikasi yang diharapkan (gratificationsought/GS) berpengaruhpada gratifikasi yang diperoleh khalayak (gratificationobtained/GO).Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, denganteknik pengambilan responden purposive sampling. Data dikumpulkanmelalui penyebarankuesioner,wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil uji PathAnalysis, bahwa kepuasan khalayak pada surat kabar secara langsungmaupuntidak, dipengaruhiolehfaktor gratifikasi yangdiharapkan( GS), gratifikasi yang diperoleh(GO), sosiabilitas, temansebaya, intensitasmembaca surat kabar, tingkat interaktivitas, kredibilitas sumber, tingkat pendidikan, dantingkat sosial ekonomi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)