Anda belum login :: 26 Nov 2024 18:08 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Motivasi pada Kinerja Belajar Pengujian terhadap sebuah model  
Oleh: Nilawati, Levi ; Bimo, I. Dwinanto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: International Research Journal of Business Studies vol. 3 no. 3 (2010), page 287-303.
Topik: Kepribadian proaktif; Motivasi Belajar; Kinerja Belajar.
Fulltext: 74-196-1-PB_pas.pdf (1,001.66KB)
Isi artikelPrediktor kesuksesan akademik terdiri dari ukuran kognisi, intelijensi, dan ukuran non kognisi seperti karakter kepribadian. Keinginan untuk menyelesaikan studi tepat waktu dengan prestasi yang memuaskan merupakan motivasi mahasiswa. Hal ini merupakan faktor penting bagi mahasiswa yang proaktif untuk mencapai kinerja belajarnya. Meskipun mahasiswa memiliki tingkat intelijensi yang tinggi tetapi tanpa motivasi belajar maka dia kemungkinan akan mengalami kegagalan. Beberapa penelitian mengenai pengaruh kepribadian proaktif terhadap kinerja belajar belum mendapat perhatian banyak. Penelitian ini berusaha mengembangkan dan menguji model yang menghubungkan kepribadian proaktif dengan kinerja belajar melalui motivasi dengan mensurvei sebanyak 272 mahasiswa ekonomi pada universitas swasta di Jakarta. Hasil dari regresi sederhana menunjukkan bahwa kepribadian proaktif berpengaruh terhadap kinerja belajar dan motivasi belajar. Kemudian, motivasi belajar berpengaruh terhadap kinerja belajar. Analisis regresi hirarkis menunjukkan bahwa motivasi belajar tidak memediasi hubungan antara kepribadian proaktif dan kinerja belajar. Arahan untuk penelitian mendatang dan implikasi praktis untuk bisnis akan didiskusikan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)