Strategi promosi yang dilaksanakan suatu perusahaan dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan dan pada akhirnya mempengaruhi kegiatan perusahaan terutama aktivitas penjualannya. Melalui promosi perusahaan dapat menyampaikan informasi, membujuk atau mengingatkan pembeli produk tertentu. Dalam menyusun skripsi ini, penulis mengadakan penelitian pada PT Putra Hindu Trijaya yang bergerak dalam bidang "real estate". Maksud penulisan skripsi ini adalah menganalisa apakah kegiatan promosi yang dijalankan oleh perusahaan masih tetap efektif atau tidak untuk meningkatkan hasil penjualan, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset perpustakaan dan riset lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh PT Putra Hindu Trijaya masih cukup efektif, karena peningkatan hasil penjualan lebih besar dari pada peningkatan hasil pengeluaran untuk biaya promosi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil perhitungan analisa korelasi dan pengujian hipotesa, yaitu pengaruh biaya promosi terhadap total penjualan diperoleh hasil bahwa biaya promosi yang dikeluarkan oleh PT Putra Hindu Trijaya mempunyai hubungan positif dan kuat terhadap total penjualan. Saran penulis agar perusahaan mampu bertahan dalam persaingan yang semakin hari semakin ketat adalah memperhatikan kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan. Apakah melalui perencanaan anggaran yang disesuaikan, modifikasi kegiatan promosi, atau perusahaan harus tetap mempertahankan citra produknya di mata masyarakat dengan membina hubungan baik dengan para pelanggan. Selain itu perusahaan juga harus memperhatikan struktur organisasi perusahaannya. |