Anda belum login :: 26 Nov 2024 11:08 WIB
Detail
ArtikelImplementasi penilaian portofolio pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca pemahaman Siswa Kelas VB SD Bintang Kejora Ciputat  
Oleh: SIMANJUNTAK, DESY SENNY
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 10 no. 2 (Oct. 2012), page 140-152.
Topik: Penilaian Portofolio; Kemampuan Membaca Pemahaman.
Fulltext: Desy Senny Simanjuntak-Bernard.pdf (11.61MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian yaitu peneliti yang berada di dalam kelas yang berperan sebagai guru atau observer dan siswa kelas VB SD Bintang Kejora Ciputat. Kelas VB berrjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Siklus pertama dan kedua terbagi dalam dua perternuan yaitu pertemuan pertama dengan tujuan memprediksi isi wacana dan pertemuan kedua dengan tujuan menjawab pertanyaan bacaan dan menuliskan garis besar isi wacana, Siklus pertama dan kedua berpedoman pada penilaian portofolio. Penilaian portofolio memiliki tujuan yaitu siswa tidak hanya menilai diri sendiri tetapi siswa juga mendapatkan masukan dari teman dan guru. Setelah siswa menerima masukan dari teman dan guru, siswa dapat mengetahui kelebihan dan kelemahannya sehingga siswa dapat memperbaiki hasil pekerjaanya. Berdasarkan implementasi penilaian portofolio diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 64,60 danmeningkat mencapai 87.13. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)