Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:54 WIB
Detail
ArtikelFaktor-faktor Penyebab dan Rencana Penanganan Perilaku Menyontek Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) (Studi Kasus pada Sembilan Siswa SMK X)  
Oleh: ENDRIARTO, CORNELIUS
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 10 no. 2 (Oct. 2012), page 103-113.
Topik: Faktor-faktor Penyebab Perilaku Menyontek; Konseling Kelompok dengan Pendekatan REBT
Fulltext: Cornelius Endriarto-Bernard.pdf (10.64MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelFaktor-faktor penyebab perilaku menyontek adalah faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam berbuat curang, tidak jujur, illegal, dan tidak sah untuk memperoleh keberhasilan akademik. Faktor-faktor tersebut dijabarkan menurut perspektif moral, perspektif kognitif, perspektif behavioral, perspektif klinis, dan perspektif social learning. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa menyontek serta menyusun rencana penanganan perilaku menyontek pada sembilan siswa melalui konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi. hasil penelitian sembilan orang subjek termasuk siswa yang menyontek. Hasil penelitian menunjukkan sembilan siswa menyontek dengan cara memberi, mengambil, atau menerima informasi dengan memanfaatkan kelemahan orang lain, prosedur atau proses. Dua diantaranya menyontek dengan cara membawa dan melihat catatan. Saran peneliti kepada kepala sekolah untuk menyediakan tenaga konselor sehingga kasus menyontek yang terjadi di sekolah dapat ditangani dan diselesaikan, serta pembuatan kebijakan siswa yang menyontek. Saran bagi para guru agar mampu memperbaiki sistem penilaian yang objektif, dan memperbaiki sistem pengawasan saat ujian. Penanganan kasus menyontek di sekolah dapat ditangani dengan konseling kelompok model pendekatan Rational Emotif Behavior Therapy
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)