Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Mengembangkan Profesionalisme Pendidikan Guru: Kajian Konseptual dan Operasional
Oleh:
Wardani, I G. A. K.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan (Universitas Terbuka) vol. 13 no. 1 (Mar. 2012)
,
page 32-44.
Topik:
Pendidikan Guru
;
Pengembangan Profesionalisme
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ142.2
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Peran pendidik guru menjadi lebih dan lebih penting dalam memenuhi kebutuhan guru profesipnal sebagaiman tercantum dalam Undang-undang RI # 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Agar dapat mendidik guru profesional dan calon guru, pendidik guru sendiri harus profesional, dan memiliki kemauan untuk terus mengembangkan profesionalisme. Mengembangkan profesionalisme adalah suatu keharusan bagi pendidik guru, karena empat alasan: (1) sifat profesionalosme, (2) Perkembangan Pesat Ilmu pengetahuan, Teknologi dan seni, (3) Paradigma pembelajaran seumur hidup, dan (4) permintaan Hukum # 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Namun dat pada pendidik guru dari Lembaga Pendidikan Guru beberapa menunjukkan bahwa tidak semua pendidik guru menunjukkan kesediaan untuk mengembangkan preofesionalisme. Oleh karena itu, pengembangan profesionalisme harus didorong oleh semua pihak yang terkait dengan guru dan pendidik guru. Ada banyak kegiatan yang dapat dialami oleh pendidik guru dalam rangka mengembangkan profesionalisme, beberapa diantaranya adalah : mengambil studi lebih lanjut, mengambil kursusu yang relevan, refleksi diri secara teratur, bergabung dengan kegiatan akademik (seminar, lokakarya, pelatihan, dll), pengenalan sekolah, melakukan penelitian, dan penertiban artikel ilmiah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)