Anda belum login :: 17 Feb 2025 07:35 WIB
Detail
ArtikelMotif Kepedulian Lingkungan dan Kaitannya dengan Perilaku Konsumen Sadar Lingkungan  
Oleh: Laksono, Kevin Juan Tanggo ; Sjabadhyni, Bertina
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Manasa: Jurnal Ilmiah Psikologi vol. 1 no. 1 (Jun. 2012), page 80 –89.
Topik: motif kepedulian terhadap lingkungan; Multidimensi; Perilaku Konsumen Sadar Lingkungan.
Fulltext: 80-89 Motif Kepedulian Lingkungan dan Kaitannya dengan Perilaku Konsumen Sadar Lingkungan.pdf (9.01MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: M68
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikel Kepedulian terhadap lingkungan ternyata tidak serta merta dapat langsung berpengaruh pada perilaku hijau konsumen, karena motif kepedulian lingkungan merupakan konstuk yang multidimensi. Penelitian ini menggunakan perspektif motif kepedulian lingkungan sebagai multidimensi untuk mengetahui hubungannya dengan perilaku konsumen sadar lingkungan pada mahasiswa. Terdapat tiga dimensi dalam motif kepedulian terhadap lingkungan, yaitu egoistic (kepedulian yang dilandasi oleh kepentingan pribadi), altruistic (kepedulian yang dilandasi oleh kepentingan orang banyak) dan biospheric (kepedulian yang dilandasi oleh kepentingan seluruh makhluk hidup). Motif kepedulian terhadap lingkungan diukur dengan Environmental Motives Scale (EMS) dari Schultz (2000), sementara perilaku konsumen sadar lingkungan diukur dengan alat ukur adaptasi dari Ecologically Conscious Consumer Behavior Scale (ECCB Scale) dari Roberts (1996). Partisipan berjumlah 276 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antara dimensi egoistic (r= 0,185), altruistic (r= 0,235), dan biospheric (r= 0,272)) dengan perilaku konsumen sadar lingkungan signifikan pada L.o.S 0,01. Hasil ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tiap dimensi motif kepedulian terhadap lingkungan dan perilaku konsumen sadar lingkungan pada mahasiswa. Lebih lanjut, motif biospheric merupakan motif yang memberikan sumbangan paling besar terhadap perilaku konsumen sadar lingkungan pada mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif baru dalam pelaksanaan kampanye peduli lingkungan dengan memberikan perhatian kepada dimensi spesifik dari motif kepedulian lingkungan guna meningkatkan perilaku sadar lingkungan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)