Dalam era globalisasi tingkat persaingan pasar sangat tinggi. PT Asuransi Jiwa Miralife dituntut untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif dan juga dituntut untuk menerapkan Marketing Mix secara benar dan tepat Metode penelitian yang digunakan untuk mendiskripsikan penerapan Marketing pada PT. Asuransi Jiwa Miralife adalah pengumpulan data yang meliputi studi Kepustakaan, wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan PT. Asuransi Jiwa Miralife menerapkan strategi Marketing Mix / Bauran Pemasaran. Dimana untuk strategi produk diterapkan dengan cara melakukan pengembangan produk dalam bentuk polis asuransi yaitu sebanyak 6 jenis produk asuransi. Strategi harga dari setiap polis disesuikan dengan kemampuan masyarakat. Dalam penerapan promosi digunakan 4 sarana, yaitu : Advertising, Personal Selling, Sales promotion, dan Publisitas. Dalam strategi distribusi diterapkan target jumlah polis yang hams dijual oleh agen. Ternyata target yang ditetapkan tidak dapat sepenuhnya tercapai, namun para agen tahun ke tahun. Sarannya produk (polis) yang disenangi oleh masyarakat supaya diperbanyak dan memperbanyak pula tenaga agen yang terampil serta perlu pembinaan pada agen supaya jangan terpaku pada target dan juga disarankan supaya perusahaan ini bekerja secara terprogram. |